PESAN ANTAR / DELIVERY ORDER

SMS KAN PESANAN ANDA KE 081338611425
FREE DELIVERY UNTUK PEMBELIAN 3 KG

Sabtu, 19 Juni 2010

Fakta tentang Ikan Lele

Ikan LELE

 


lele
Banyak manfaat yang terkandung dalam ikan lele, antara lain :
  • Sebagai bahan makanan
  • Ikan lele dari jenis C. batrachus juga dapat dimanfaatkan sebagai ikan pajangan atau ikan hias.
  • Ikan lele yang dipelihara di sawah dapat bermanfaat untuk memberantas hama padi berupa serangga air, karena merupakan salah satu makananalami ikan lele.
  • Ikan lele juga dapat diramu dengan berbagai bahan obat lain untuk mengobati penyakit asma, menstruasi (datang bulan) tidak teratur, hidung berdarah, kencing darah dan lain-lain.
  • Nilai gizi ikan lele termasuk tinggi dan baik untuk kesehatan karena tergolong makanan dengan kandungan lemak yang relatif rendah dan mineral yang relatif tinggi Dalam setiap 100 gram, kandungan lemak ikan ini hanya dua gram, jauh lebih rendah dibandingkan dengan daging sapi (14 gram), apalagi daging ayam (25 gram).
  • Selain kaya zat gizi, lele juga membantu pertumbuhan janin dalam kandungan dan sangat baik bagi jantung karena rendah lemak.

LELE MAKANAN ALTERNATIF SEBAGAI PENGGANTI DAGING SAPI

Masyarakat tak perlu lagi risau atas kenaikan harga daging sapi yang mencapai Rp 60 ribu per kilogam. Dr Achmad Subagio, dosen Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Jember kini berhasil menemukan daging alternatif murah dengan gizi disetarakan daging sapi.
Setelah bergelut sekitar 2 tahun, doktor lulusan Jepang itu baru bisa menemukan daging alternatif pengganti daging sapi. Hanya mengandalkan ikan Lele seberat 2,5 kilogram, Achmad Subagio berhasil membuat daging alternatif seberat 1 kilogram.


Hebatnya, daging alternatif temuan Achmad Subagio dibantu rekannya, Wiwik Windariati, ini bisa membuat daging yang kaya gizi dengan aneka rasa. Achmad Subagio mengklaim, Lele seberat 2,5 kilogram bisa menghasilkan daging alternatif dengan nilai gizi setara dengan daging sapi.

"Protein daging alternatif 1 kilogram dari Lele lebih baik dari 1 kilogram daging sapi," ungkapnya saat ditemui Erje di ruang kerjanya di Laboratorium Pengendalian Mutu FTP Unej. Tak hanya itu saja. Dari hitungannya, harga daging alternatif itu juga jauh lebih murah di bandingkan harga daging sapi. 


IBU ANI YUDHOYONO


”Minat masyarakat untuk mengonsumsi ikan lele masih rendah. Mungkin ada beberapa faktor yang menjadi penyebab, seperti pengolahan masakan ikan lele yang masih sangat rumit, padahal ikan ini memiliki kandungan gizi yang tinggi,”ujar Ani Yudhoyono. Dia mengatakan, saat ini budi daya ikan lele sedang digiatkan oleh pemerintah untuk peningkatan konsumsi ikan secara nasional guna menguatkan pemasaran produk perikanan dalam negeri. Bahkan,ikan lele mampu menembus pasar ekspor. ”Saya berharap masyarakat turut melakukan budi daya ikan lele,”tuturnya.

Jangan anggap remeh ikan lele. Makanan yang mudah didapat dan murah ini, selain kaya zat gizi, juga membantu pertumbuhan janin dalam kandungan dan sangat baik bagi jantung karena rendah lemak.

Ikan lele (Clarias spp.) merupakan ikan air tawar yang dapat hidup di tempat-tempat kritis, seperti rawa, sungai, sawah, kolam ikan yang subur, kolam ikan yang keruh, dan tempat berlumpur yang kekurangan oksigen. Hal ini dimungkinkan karena ikan lele mempunyai alat pernapasan tambahan, yakni arborecent. Ikan lele dapat pula dipelihara di tambak air payau asal kadar garamnya tidak terlalu tinggi.

Ikan lele termasuk dalam famili Claridae dan sering juga disebut mud fish atau catfish. Di Indonesia, ikan lele dikenal dengan beberapa nama daerah, seperti ikan maut (Sumatera Utara dan Aceh), keling (Sulawesi Selatan), dan cepi (Bugis).

Ikan lele lebih dikenal sebagai hewan karnifora karena kegemarannya makan cacing, serangga air, dan udang. Ikan lele senang makan sisa bahan organik yang berprotein dan sisa-sisa dapur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar